Di Hotel Ini Banyak Bangunan Yang Memiliki Pesan Kemanusiaan!


Selamat pagi sahabat pencak silat, semangat pagi Indonesia, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT.

Akhir-akhir ini kita di buat ramai oleh pemberitaan mulai dari soal sosial kemanusiaan, kejahatan sampai tindak pidana pembunuhan, saya sakin ini bukan dari wajah Indonesia. lalu apa hubungannya dengan pencak silat ? disini penulis hanya ingin menceritakan pengalaman saat berkunjung ke padepokan pencak silat Indonesia dan mencoba memaknai apa apa yang ada dan dilihat oleh penulis.

Jika kita baru memasuki komplek padepokan pencak silat, kita akan menemukan gerbang yang sangat megah, besar dan kokoh, sepertinya ini mencerminkan bahwa pencak silat harus memliki hati yang besar serta luas, kuat dan kokoh baik secara fisik maupun pendirian.

kemudian jika kita terus berjalan ke sisi kanan persis bersebelahan dengan area mesjid At-tin kita akan menemui gedung 2 lantai yang tertulis disana pondok pustaka dan museum, ini sepertinya berisi koleksi buku pencak silat dan pengetahuan umum serta tempat menyimpan dan memamerkan benda benda sejarah yang berhubungan dengan sejarah perkembangan pencak silat.

namun disini penulis akan membahas justeru yang ada diluar gedung, yaitu 2 buah patung guru dan murid yang berada di depan gedung sebelah kanan jika kita menghadap ke gedung tersebut.

Penulis melihat patung guru sedang duduk lebih tinggi dan mengangkat salah satu tangan dan murid sedang memberikan salam hormat dengan posisi duduk lebih rendah dari sang guru. ini menarik dalam hati saya. Pencak Silat kental sekali dengan masalah ajaran, kepatuhan dan budi pekerti luhur. walaupun mereka memiliki kemampuan bertarung secara fisik namun selalu mengedepankan kelembutan dan penghormatan.

sehebat apapun sang murid mereka akan tetap hormat pada guru, semakin berisi semakin merunduk seperti itulah filosofi pencak silat, mereka tidak akan melupakan hakikat sebagai manusia, hamba dari Tuhannya.

walaupun pencak silat olahraga beladiri namun mereka mengajarkan untuk tidak menyakiti orang lain, terlebih harus membunuh, selalu yang utama adalah melakukan pendekatan yang halus dan lembut. itulah kenapa pencak silat terbagi kedalam 3 kelompok, yaitu Pencak silat olahraga, beladiri dan seni, tidak selalu mengutamakan kekerasan, keindahan, kesehatan, persaudaraan itu yang mereka selali jaga.

jika anda menginap di hotel padepokan silat, anda tidak hanya menginap dan tidur, melainkan anda akan mendapatkan pembelajaran, pesan yang tersirat dari bangunan-bangunan yang ada didalamnya. para pendiri rupanya sangat teliti dan terstuktur membangun komplek pencak silat ini. tidak hanya berfikir dari sisi operasional melainkan dari sisi pesan dan filosofi yang ingin disampaikan kepada masyarakat.

jadi jika anda ingin menginap bersama keluarga anda, cobalah untuk menginap di Hotel Padepokan Pencak silat dan rasakan pengalaman berbeda yang dapat memberikan pembelajaran untuk anak anak anda, bukan hanya soal percaya diri, keberanian, melainkan juga rasa hormat, menghargai sejarah dan tentunya mengedepankan budi pekerti luhur.

jika anda tertarik untuk membawa keluarga besar silahkan kontak 021-8416011 atau anda bisa wa di 087789061666 atau mungkin anda ingin langsung booking silahkan klik disini :

selamat menikmati liburan bersama keluarga, liburan yang penuh makna dan pembelajaran !

ditulis : www.yonomaulana.com