Klapa Manis

Klapa Manis
Daerah perbatasan Cirebon – Kuningan memang tempat yang menarik buat melihat view kota Cirebon dari ketinggian bukit gronggong. Nah, di daerah bukit gronggong, Cirebon ada sebuah rumah makan yang menawarkan view kota Cirebon dari ketinggian, namanya adalah Rumah Makan Klapa Manis. Sedikit berbda dengan rmah makan lainnya yang berjejer di bukit gronggong, menu menu di rumah makan klapa manis ini lebih condong ke masakan masakan sunda , sehingga sangat cocok untuk orang orang yang menyukai ,makanan sunda atau lidah orang indonesia.

Makanan tradisional seperti nasi tutug, nasi timbel, nasi rames, nasi goreng, serta berbagai menu lainnya seperti mie, bihun, ayam, ikan, daging kambing dan sapi. Bagi anda yang lebih suka sayran , jangan khawatir karena di rumah makan klapa manis ini pula menyediakan berbagai macam sayur dan tumisan seperti , sayur lodeh , sayur asem , sayur sop , tumis kangkung dengan berbagai jenis masakan tumis kangkung yang berbeda, leunca yang terkenal sebagai makanan atau lalapan orang sunda dan masih banyak lagi makanan enak lainnya, pokoknya sangat mengunggah selera !
Biasanya yang datang ke rumah makan ini ibu ibu dan rombongan keluarga atau rombongan dari luar kota, karna menu di rumah makan ini  indonesia banget, maka gak heran kalau yang datang selalu beramai ramai .

Rumah makan klapa manis ini terdiri dari beberapa bagian , dari bagian yang paling atas hingga bagian yang paling bawah , bagian atas adalah rumah makan namun di bagian bawah adalah penginapan . Berkonsep seperti rmah panggung berlantai kayu tanpa jendela . Dengan sajian pemandangan  kota cirebon denganhembusan angin bebukitan yang menyegarkan. Lantai yang sejajar dengan area parkiran kendaraan , dan gerbang masuk rumah makan klapa manis adalah lantai yang paling atas. Dan masih ada 3 lantai lagi di bawahnya , hanya saja saya tidak melihat atau mengunjungi lantai demi lantai, saya hanya di lantai paling atas mencicipi makanan.
Temaramnya lampu pada saat malam hari akan membuat pengunjung merasakan ketenangan dan kenyamanan, terlebih lagi di rumah makan ini diiringi musik khas jawa barat, sunda banget!
Lebih indah ketika dikunjungi pada malam hari, karena di perbukitan gronggong kita dapat melihat keindahan kota cirebon